Mencoba Untuk Tidak Banyak Mengeluh

Januari 19, 2020
Hampir setiap orang pernah mengeluh, baik itu karena masalah pekerjaan yang tak kunjung selesai, kejadian yang tidak mengenakan, maupun target yang tidak kunjung diraih. Mengeluh memang manusiawi, tapi terlalu banyak keluhan juga dapat menghilangkan rasa kemanusiaan orang-orang yang mendengarnya.


Sebagai narablog, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ia bisa mengeluh, antara lain:

  • Komentar brengsek
  • Spam
  • Gangguan pihak ketiga (peretas)
  • Kebodohan diri sendiri
  • Dan lain sebagainya

Salahkan diri sendiri, jangan salahkan orang lain

Bila merasa kecewa karena orang lain, salahkan diri sendiri dulu sebelum menyalahkan orang lain. Tentunya anda akan mengeluh bila tempat duduk anda diserobot orang lain, bukan? Mengapa mesti mengeluh, toh anda bisa menghajar orang yang menyerobot tempat duduk anda tersebut. Stop mengeluh, segera lakukan apa yang mesti anda lakukan, atau dengan kata lain CARI SOLUSINYA.

Berhenti Mengeluh, Cari/Beri Solusinya


  • Blog kebanjiran spam? Berhentilah mengeluh, segera cari solusinya. Mungkin memasang plugin antispam, CAPTCHA, atau tutup form komentarnya.
  • Banyak komentar brengsek dari orang baik-baik masuk? Buat blacklistnya, dan blokir aksesnya.
  • Komentar asal lewat bertebaran? Hapus saja komentar itu, susah amat!
  • Blog rusak karena kebodohan diri sendiri? Sesungguhnya kita semua sama-sama masih bodoh. Maka dari itu belajarlah.

Tulisan ini adalah tulisan ngasal. Mungkin anda kecewa tidak mendapatkan suatu ilmu di sini. Berhentilah mengeluh, dan tutuplah blog ini segera.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »